Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Pretest PPG Guru SMP 2022




Pretest PPG - Soal PPG di bawah ini merupakan soal pelatihan test pendidikan profesi guru (PPG)
Berikut kami bagikan kumpulan soal dan kunci jawaban Pretest PPG Guru SMP Bahasa Indonesia, dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menghadapi test PPG.

 KERJAKAN SOAL!

1.   
Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah ...
   Tes hasil belajar
   Pedoman observasi
   Kuesioner
   Tes tulis
   Pedoman wawancara

2.   
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...
   Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
  Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
   Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
 Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.
   Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
 
3.   
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ....
 Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
  Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
   Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
    Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
 
4.   
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
   Kognitif
   Behaviorisme
   Humannistik
   Sibernetik
   Konstruktivisme 

5.   
Model pembelaj aran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ....
   Problem Solving
   Picture and Picture
   Role Playing
   Inquiry
   Kontektual

6.   
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .....
Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
   Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
   Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
  Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi

7.   
Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan ...
   Visual spasial
   Logis matematis
   Kinestetis
   Naturalis
   Verbal linguistic

8.   
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.....
   Behaviorisme
   Kognitif
   Sibernetik
   Humanistik
   Kontruktivisme

9.   
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
   Menampilkan obyek yang sulit diamati
 Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
   Menampilkan objek yang terlalu besar
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
   Membuat konkrit konsep yang abstrak 

10.   
Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
   Indikator pencapaian kompetensi
   Kurikulum dan silabus
   Buku sumber yang digunakan
   Kemampuan awal siswa
   Karateristik siswa 

11.   
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ..........
  Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
   Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
 Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
   Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
    Diberikan bahan ajar berupa modul

12.   
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor ...
   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
   Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
   Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
   Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru 
 
13.   
Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ... 
   Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
 Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
   Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru  dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

14.   
Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ......
   Project based learning
   Problem based learning
   Kooperatif
   Discovery learning
   Inquiry learning

15.   
Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran .......
   Problem Based Learning
   Inquiry learning
   Kontektual
   Projek based learning
   Discovery Learning

16.   
Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali ....
Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. 

   Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah
 
17.   
Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut ...
   Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
   Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

 
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
     Menurunkan standar ketuntasan belajar
 
18.   
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelaj aran yang sudah dipelaj ari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ..
   Memberikan bimbingan
   Meningkatkan motivasi
   Memberikan acuan
   Melaksanakan tes awal
   Membuat kaitan 

19.   
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
   Lembar penilaian
   Silabus dan RPP
   SKL
   RPP
   Silabus

20.   
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....

Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
   Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
   
Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional



Demikian Soal latihan pretest PPG SMP, yang membutuhkan soal yang lainnya silahkan komen di bawah !
Terimakasih..

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Pretest PPG Guru SMP 2022"