Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah ...
Tes hasil belajar
Pedoman observasi
Kuesioner
Tes tulis
Pedoman wawancara
2.
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...
Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.
Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
3.
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ....
Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
4.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
Kognitif
Behaviorisme
Humannistik
Sibernetik
Konstruktivisme
5.
Model pembelaj aran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ....
Problem Solving
Picture and Picture
Role Playing
Inquiry
Kontektual
6.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .....
Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
7.
Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan ...
Visual spasial
Logis matematis
Kinestetis
Naturalis
Verbal linguistic
8.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.....
Behaviorisme
Kognitif
Sibernetik
Humanistik
Kontruktivisme
9.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
Menampilkan obyek yang sulit diamati
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
Menampilkan objek yang terlalu besar
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
Membuat konkrit konsep yang abstrak
10.
Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
Indikator pencapaian kompetensi
Kurikulum dan silabus
Buku sumber yang digunakan
Kemampuan awal siswa
Karateristik siswa
11.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ..........
Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
Diberikan bahan ajar berupa modul
12.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor ...
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
13.
Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ...
Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
14.
Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ......
Project based learning
Problem based learning
Kooperatif
Discovery learning
Inquiry learning
15.
Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran .......
Problem Based Learning
Inquiry learning
Kontektual
Projek based learning
Discovery Learning
16.
Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali ....
Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah
17.
Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut ...
Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
Menurunkan standar ketuntasan belajar
18.
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelaj aran yang sudah dipelaj ari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ..
Memberikan bimbingan
Meningkatkan motivasi
Memberikan acuan
Melaksanakan tes awal
Membuat kaitan
19.
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
Lembar penilaian
Silabus dan RPP
SKL
RPP
Silabus
20.
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....
Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
Demikian Soal latihan pretest PPG SMP, yang membutuhkan soal yang lainnya silahkan komen di bawah !
Terimakasih..
Berbagi :
Posting Komentar
untuk "Soal Latihan Pretest PPG Guru SMP 2022"
Posting Komentar untuk "Soal Latihan Pretest PPG Guru SMP 2022"